Panduan Pembuatan Gedung Badminton dari Nol Berstandar BWF

Call/WA: +6282140299663 (Raga Sport Flooring) untuk info kontraktor gedung bulutangkis berpengalaman.

 

 

Kami akan memberikan informasi mengenai panduan pembuatan gedung badminton dari nol yang tentu berstandar BWF, karena pasti banyak dari anda yang mulai ingin membangun bisnis lapangan badminton. Penting untuk mengetahui bagaimana cara membuat lapangan bulu tangkis yang sesuai dengan standar internasional atau standar BWF. Simak informasi lengkapnya di bawah ini untuk tahu membangun lapangan badminton yang berkualitas:

Apa Saja yang Perlu Diperhatikan Dalam Membuat Lapangan Bulu Tangkis?

Raga Sport Flooring adalah kontraktor yang melayani pembuatan lantai lapangan bulu tangkis. Jika anda menginginkan lapangan yang berkualitas, terutama untuk anda bisnis owner yang memang menginginkan lapangan badminton atau bulu tangkis yang berkualitas tinggi maka dapat menggunakan jasa kami saja. Sebelumnya kami akan menyampaikan informasi mengenai apa saja hal yang harus diperhatikan ketika membangun lapangan badminton:

1.      Ukuran lahan & konstruksi gedung bulutangkis

Untuk dapat mengetahui bagaimana konstruksi gedung bulutangkis anda, maka anda harus secara pasti mengetahui ukuran lahan yang akan anda jadikan sebagai lapangan bulu tangkis. Ukuran lahan sangatlah penting karena dari situ nanti anda bisa tahu membagi lahan untuk apa saja. Oleh karena itu sebelum anda menghubungi jasa kontraktor yang akan anda pilih, maka anda harus tahu secara pasti berapa ukuran lahan yang nantinya akan digarap.

2.      Jumlah lapangan yang akan dikerjakan

Selain mengetahui ukuran lahan, hal selanjutnya yang perlu dipersiapkan untuk membuat konstruksi gedung bulutangkis adalah berapa jumlah lapangan yang akan dikerjakan. Dengan mengetahui jumlah pasti lapangan badminton yang akan dikerjakan maka dapat disesuaikan ukurannya dengan ukuran lahan yang tersedia.

3.      Fasilitas penunjang

Hal ketiga yang perlu diperhatikan selanjutnya dan berkaitan dengan poin 1 dan poin 2 diatas adalah terkait dengan fasilitas penunjang. Selain menentukan total lapangan yang akan dikerjakan, maka anda harus juga menentukan apa saja fasilitas penunjang yang ada di lapangan badminton anda. Seperti berapa kamar ganti, toilet, tribun, lahan parkir, ruang display (jika ada yang ingin anda perjual-belikan terkait dengan peralatan badminton), kafe, dan fasilitas lainnya. Dengan begitu nantinya dapat dikondisikan sesuai ukuran lahan yang disesuaikan. Ini juga akan membantu dalam membuat desain lapangan bulu tangkis anda.

4.      Menentukan konsep bangunan

Selanjutnya akan menentukan bagaimana konsep bangunan dari lapangan badminton atau menentukan desainnya. Biasanya bentuk dari lapangan badminton atau bulu tangkis seperti gudang pada umumnya. Namun tetap saja ada standarisasi yang perlu diperhatikan untuk membuat lapangan badminton. Salah satunya adalah sirkulasi udara, memang tidak perlu banyak-banyak namun tetap harus ada sirkulasi udara. Disarankan dibuat angin-angin dibawah lantai dari lantai 50 cm. Tidak disarankan untuk membuat di bagian atas karena akan mempengaruhi laju dari coc dan malah mengganggu pemain.

Tinggi Tembok: Konsep bangunan lapangan badminton juga termasuk dengan tinggi gedung, untuk tinggi gedung badminton yaitu tinggi tembok rata-rata 8 meter tapi pada titik tengah dari lantai setelah tergabung dengan kuda-kuda adalah 10 hingga 11 meter. Kemudian untuk penutup kelilingnya seperti apa, ingin menggunakan bahan dari bata atau hebel. Menggunakan sistem tengah atau menggunakan galvalum maka bisa menyesuaikan nantinya.

Atap Gedung Olahraga: Kemudian untuk atap disarankan disarankan menggunakan bahan dari galvalum yang di bagian dalamnya menggunakan lapisan zelltech dari alumunium karena bisa meredam panas. Sehingga pemain bisa nyaman tenang dan effortnya tidak terlalu besar karena tidak panas. Karena apabila lapangan badminton panas maka tentu saja akan mengurangi value dan pasti akan membuat orang-orang malas ke lapangan badminton anda.

Kondisi Lantai Lapangan: kondisi lantai merupakan salah satu kondisi yang sangat rentan. Perlu diperhatikan dari pemilik atau bisnis owner apakah lahan yang digunakan adalah lahan gambut, urugan atau mungkin sudah dataran. Karena itu akan mempengaruhi kualitas lantai. Sebaiknya dilakukan pengecoran dengan ketinggian 15 cm kualitas minim k100 menggunakan wiremesh besi 8 ml. Pada saat pengecoran dilakukan finishing trowel dengan floor hardener maka bisnis owner tidak perlu melakukan pengacian. Fungsinya floor hardener apa? Antisipasi jika terjadi kelembaban pada lantai sehingga memastikan lantai terus kering.

Jenis Lantai Lapangan Badminton: Aspek yang satu ini pasti berpengaruh pada rincian biaya pembuatan lapangan badminton indoor. Anda juga harus memperhatikan jenis lapangan badminton apa yang ingin anda gunakan. Vinyl merupakan salah satu jenis bahan yang paling sering dipilih. Vinyl pun ada jenisnya, yaitu yang pertama adalah tipe sand yang memiliki permukaan seperti pasir halus. Dan level menengah adalah tipe lychee, memiliki banyak peminat karena lembut dan tidak licin. Kedua jenis bahan ini sudah melewati uji klinis dan sesuai dengan standar BWF dan PBSI. Anda bisa mengkonsultasikan bersama Raga Sport Flooring.

Tiang Net Badminton Portable:  Tiang net badminton portable (tidak ditanam lagi) karena akan merusak lantai. Jika menggunakan portable dapat dipindah kemana-mana, dibuat menyesuaikan standarisasi PBSI. Mulai dari material, tinggi, dan berat sudah dilakukan riset.

Lampu GOR Badminton: Lampu lapangan badminton indoor juga perlu dipikirkan. Pertama-tama harus dipikirkan, apakah lapangan tersebut akan digunakan sebagai full lapangan badminton atau lapangan multifungsi? Jika memang difungsikan untuk badminton maka harus disesuaikan dengan standarisasi badminton, lampu dipasang melebar diantara lapangan. Dilakukan dengan cara membuat bentangan melebar untuk lapangan badminton. Untuk jumlah lampu opsional karena sesuai dengan kebutuhan lapangan badminton. Disarankan menggunakan Philips LED yang smooth, dipasang menampang dari lebar lapangan. 1 lapangan badminton dibutuhkan 20 lampu. Sisi kanan 10 dengan 5 penampang. Di sisi kiri pemain juga dipasang penampang yang sama.

Cat Dinding Bangunan: Untuk pemilihan warna cat dinding bangunan, sebaiknya cenderung warna gelap seperti warna biru atau hijau. Hindarilah warna yang bertabrakan seperti warna cerah, karena bisa membuat coc jadi tidak kelihatan. Anda bisa mengkonsultasikan dulu nantinya.

Jasa Konstruksi Gedung Bulutangkis

Ingin segera membangun lapangan badminton yang berkelas dan sesuai dengan standar BWF? Maka anda bisa mempercayakannya kepada jasa kontraktor Raga Sport Flooring. Banyak sekali keuntungan atau kelebihan yang bisa didapatkan dengan menggunakan jasa kami. Mulai dari konsultasi gratis, include biaya pemasangan, tim yang komunikatif, dilengkapi dengan garansi karpet badminton bertahun-tahun, dan produk yang bersertifikat sesuai standarisasi BWF. Pembayaran untuk proyek lapangan badminton pada Raga Sport Flooring adalah dengan sistem termin, sehingga akan saling menguntungkan satu sama lain. Ini akan memudahkan pihak klien dan juga pihak dari Raga Sport Flooring itu sendiri.

 

 

Untuk informasi lebih lanjut dan pemesanan pemasangan lapangan badminton menggunakan bahan vinyl atau interlock, dapat langsung menghubungi tim Raga Sport Flooring di nomor berikut ini 082140299663. Semoga apa yang kami sampaikan dapat memberikan edukasi bagi anda pemilik atau owner yang akan membangun lapangan badminton!

 

Temukan Jasa Pembuatan Lapangan Badminton pada Google Maps:

 

Baca juga: Jasa Pembuatan Lapangan Badminton Biaya Terjangkau dan Kontraktor Lapangan Futsal Interlock di Kab Lombok Tengah